Curug Malela Bandung

Curug yg akan gw tuju ini bernama Curug Malela. Perjalanan menuju curug ini mungkin membutuhkan perjuangan yg cukup berat. Kali ini gw akan share pengalaman gw menuju Curug Malela yg melelahkan.
Pertama perjalanan kembali gw awali dari Jakarta, dan tepatnya gw berangkat dari Terminal Pulo Gadung, dari Pulo Gadung kita naik bus jurusan Cimahi, ongkosnya 35rb. Dari Pulo Gadung gw berangkat jam 9.30, dan waku yg harus ditempuh buat sampe Cimahi kira" 1 1/2 jam. Jam 11 siang sampe Cimahi kita tinggal nunggu aja dipinggir jalan sampe bus jurusan Bunijaya muncul, dan gw nunggu 45 menit baru dapet (angkutan umum arah Bunijaya memang jarang, jd harus sabar). Perjalanan dari Cimahi ke Bunijaya yg akan makan waktu lama, gw harus duduk selama hampir 3 jam, dan ongkosnya 30rb. Perjalanan yg lama bener" bikin stress, dengan tempat duduk dr fiber dan tanpa AC lg. Setelah sampai ke pertigaan Alfamart Bunijaya, gw harus kembali menderita, karena perjalanan harus berlanjut lg dengan ojek motor selama 45 menit ke Curug Malela, dan jalanannya hancur banget.
Akhirnya gw sampe jg di Curug Malela, perjuangan ga sia2, liat papan besar bertuliskan Curug Malela rasanya mau netesin air mata hahahaha. Gw turun dari motor terus abangnya ngomong ke gw "dari sini harus jalan nih, soalnya motor ga bs lewat, kira" jalan 45 menit lg lah", dalam hati gw teriak "APAAAAAA !!!!!!, What the Hell !!!!!!, gw masi harus jalan lg selama 45 menit", tp didepan masnya gw coba senyum tabah, dan dengan sedikit senyum sambil bilang "ok mas, tungguin ya"(ojeknya gw sewa untuk perjalanan bolak balik, seharga 50rb).
Awalnya ada susunan tangga yg rapi menuju Curug, tapi setelah berjalan sekitar 10 menit jalan setapak menuju Curug Malela ini berubah menjadi extreme, nanjak naik terus turunan curam, ditambah lg ada jalan setapak yg setengahnya longsor, dan sampingnya jurang yg lumayan dalam. Ga terkelolanya tempat wisata, jadi alasan tempat ini jarang dikunjungi org, Jalan buat menuju curug cukup sulit dan makan tenaga ekstra, kaki gw pegel banget, dan napas aja uda berat.
HERE WE GO, CURUG MALELA
Perjalanan gw selama 6 jam terbayarkan, rasa cape gw tiba" hilang. Speechless, indah banget. Perjalanan gw terbayarkan, gw ngerasa puas banget dengan apa yg gw dapetin. Curug Malela berkesan banget. Puas gw main" disekitar air terjun dan ambil beberapa foto, gw putusin saatnya pulang. Waktu uda nunjukin jam 5 sore dan uda waktunya gw jalan balik, dan gw harus menempuh waktu 6 jam lg (stress).