Wisata Merapi Kaliurang Yogyakarta Dengan Naik Jeep

[Menjajakan kaki di Kawasan Merapi, Kaliurang, Jogjakarta]
Anda masih ingat kapan Gunung Merapi meletus? Peristiwa yang sangat dahsyat tersebut terjadi pada 26 Oktober 2010. Tetapi, hal tersebut tidak menghancurkan area pemukiman merapi begitu saja. Kebanyakan warga bahkan merasakan dampak yang baik (jangka panjang) bagi mereka. Salah satunya adalah pendapatan devisa mereka di bidang wisata meningkat, sangat banyak warga lokal ataupun mancanegara yang berkunjung ke wisata merapi dengan menggunakan Jeep warga sekitar.

Saya berkunjung kesana minggu lalu, tepatnya 21 Maret 2015. Berwisata sambil mengenang kejadian merapi hanya bisa didapatkan disini. Perjalan dari Jogja menuju Kaliurang harus ditempuh sekitar 20km, saya menggunakan motor (sewa 50rb/hari) menempuh jarak tersebut sekitar 30-40 menit. Sesampainya disana, anda dapat melihat cukup banyak jeep yg sudah parkir menunggu wisatawan yang datang. Kocek yang harus dikeluarkan untuk mengelilingi kawasan merapi dengan jeep ini sebesar 350rb. Jeep dapat diisi maksimal 4 orang, tapi menurut Pak Eko (guide saya sekaligus driver jeep) menyarankan akan nyaman saat 1 jeep diisi 3 orang saja atau 4 orang bersama driver.

Menurut saya, segala pemandangan yang disuguhkan sungguh menarik. Dimulai dari kunjungan ke 'Omahku Memoriku' yang merupakan rumah peninggalan warga yang terkena dampak merapi, dilanjutkan ke 'Batu Alien' sampai diakhiri di 'Bunker' dengan pemandangan merapi di depan mata kita. Jika anda merupakan orang yang suka tantangan, jangan lupa untuk meminta keliling sungai di kawasan merapi, driver akan memacu kendaraan yang akibatnya seluruh badan anda akan basah terselimuti oleh air sungai yang 'muncrat' akumulasi dari akselerasi mobil yang dikendarai saat itu.

Satu hal lagi, kuliner. Jangan lupa untuk menyempatkan diri menikmati kuliner disana. Perpaduan tongseng dengan sate merupakan kuliner khas yang bisa dinikmati di daerah Merapi, Kaliurang, Sate Kopyok namanya. Terdapat 3 pilihan jenis daging, sapi, kambing, atau kelinci. Silahkan pilih sesuai selera anda. Harga yg harus dibayarkan hanya 15rb per porsi. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat dan terus membuat teman-teman disini ingin menelusuri indahnya negeri ini.



0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author