Jalur Pendakian Gunung rinjani Lombok Jalur Sembalun

Sedikit bercerita tentang Taman Nasional Gunung Rinjani yang terletak d Lombok. Gunung yang berketinggian 3726 mdpl ini bisa dilalui Dari beberapa jalur diantaranya Senaru, sembalun Dan torean. Namun, orang-orang lebih sering melewati jalur senaru Dan sembalun. Jalur sembalun lebih banyak melewati Padang savana. Sedangkan jalur senaru lebih ke berbukitan yang menanjak. Estimasi waktu dari desa sembalun ke puncak bisa 2 hari dengan berjalan santai. Camp di pos 3 dlu lalu camp d pos plawangan sembalun sbelom melanjutkan ke puncak. Dan biasanya kita tambah 1 hari untuk camp di segara anak. Untuk sekedar memancing dan istirahatin badan d air terjun yg panas. Baru keesokan harinya atau hari ke 4 kita pulang bisa lewat senaru/sembalun lagi.

Pintu hutan menuju Gunung Rinjani jalur sembalun. Sekitar 1 jam jalan kaki dari desa sembalun atau Pos Pendaftaran RTC. Namun, sekarang sudah tersedia pick up yg bisa mengantarkan ke pintu hutan tersebut.

Pertengahan sebelom menuju puncak Rinjani. Perjalanan Dari plawangan sembalun ke puncak memakan waktu sekitar 3-4 jam.

Segara anakan dengan view Gunung Baru jari nya. Salah satu tempat camp center juga. Dimana disini bisa melakukan kegiatan memancing, Mandi di air panas, atau hanya sekedar buat foto-foto.

0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author