jalan ke thailand ala backpacker

perjalanan pertama ke Thailand ala backpacker. Pertama kali ke Bangkok, terasa tak ada yang beda dengan Jakarta, kecuali wajah dan bahasa orang-orangnya. Begitu keluar bandara dan ke jalan raya, masih belum percaya kalo saya ada di kota yang jaraknya 2320 km dari Jakarta. Dan setelah saya sadar, "Ok, saya adalah liyan di sini," dan dari situ saya mulai tertarik mengorek-ngorek apa yang sama dan beda antara dua kota yang berada di Asia Tenggara ini. Yang sama--yang kasat, lanskapnya sbg kota metropolitan persis dg Jakarta, tapi fasilitas publiknya jauh lebih baik. Yang beda, di Jakarta tidak pernah saya lihat foto raja di setiap penjuru kota. Tapi di Bangkok (bahkan Thailand?), foto raja seperti atribut wajib. Unik. Mungkin karena saya tidak pernah menemukan loyalitas serupa di Indonesia, kecuali di Yogyakarta, itu pun tidak semasif Thailand.
Waktu yang sempit tidak cukup untuk saya menjelajah lebih jauh. Ada satu hal yg membuat saya penasaran, yakni lanskap dan kultur masyarakat pedesaannya. Rasa penasaran itu yang mungkin akan membawa saya kembali ke Thailand. Dan, pasti teman-teman di sini punya cerita yang lebih menarik selama di sana, tentu dengan perspektif yang beragam pula.

jalan ke thailand ala backpacker


0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author