Potensi Wisata Alam Bulukumba

Bulukumba adalah salah satu kabupaten di ujung selatan Propinsi Sulawesi Selatan yang garis pantai nya memanjang ratusan kilometer.. Potensi Wisata Alam Bulukumba sangat luar biasa. Daerah ini punya banyak potensi wisata yang menakjubkan mulai potensi wisata pantai,adat budaya dan keragaman suku nya dan lain sebagainya.
siapa yang tak mengenal pantai tanjung bira yang di mana turis internasional nya lebih banyak daripada lokal dan menetap bahkan menikah dengan masyarakat lokal sana... yah kurang faham sih motif nya apa..hehhe
Siapa yang tak mengenal Perahu PHINISI yang telah berlayar menuju KANADA sejak puluhan tahun lalu tanpa menggunakan mesin dan pembuatannya tak seperti perahu-perahu dari negara lain...fantastis bahkan para Bule rela antri menunggu pesanan PHINISI nya yang bertahun tahun untuk disulap menjadi kapal pesiar.
nih sedikit gambaran mengenai Kab. Bulukumba secara dekat dan semoga para pecinta wisata baik lokal maupun interlokal bisa banyak berkunjung...
ada 2 opsi transportasi apabila anda dari Jakarta yaitu dengan pesawat hanya 2 jam10 menit tiba di Bandara internasional Sultan Hasanuddin atau dengan menggunakan kapal PELNI kurang lebih 4 hari 3 malam tiba di Pelabuhan Sukarno Hatta Makassar.
setelah tiba di Bandara atau Pelabuhan silahkan melanjutkan perjalanannya atau mampir dulu menikmati keindahan Kota Makassar, apabila memilih lanjut silahkan menuju TERMINAL MALLENGKERI dengan menggunakan TAXI atau Pete-pete (sebutan angkutan kota di makassar dan sekitarnya) bayar Rp.5ribu setelah di terminal silahkan naik angkutan umum berupa mobil PHANTER, AVANZA dll harga mulai 50ribu. sampai ke Kota Bulukumba.. diatas angkutan pasti seru karena bareng warga lain yang pandai mengakrabkan diri...serasa mobil pribadi..hehe perjalanan kurang lebih 4 jam sampai ke kota kabupaten Bulukumba.
Apabila mas dan mba bro hendak langsung ke tanjung bira, angkutan umum dari terminal mallengkeri juga ada, harga sewa mulai dari 80ribuan boleh nego.
BANDARA >>>1jam >>> TERMINAL MALLENGKERI >>>4jam>>> Kota Kabupaten BULUKUMBA >>> 1jam >>> Tanjung BIRA
atau
PELABUHAN >>> 20menit >>> TERMINAL MALLENGKERI >>> 4jam >>> Kota Kabupaten BULUKUMBA >>> 1jam >>> Tanjung BIRA
Ada banyak tempat wisata menarik di BULUKUMBA diantaranya:
mesjid islamic center DATO RI TIRO, Rumah Adat Saoraja khas Bugis, Taman Bundaran PHINISI, Kampung Adat Suku Kajang dalam, Mesjid dato ritiro berumur 400tahun lebih, Goa Passea (Goa kuburan manusia), Goa Air tawar, Pembuatan Perahu Phinisi, Pelabuhan Phinisi Bira, Pantai Parangluhu,Pantai Kaluku, Pantai Lemo-Lemo, Pantai Samboang, Pantai Mandala ria, Pantai Kasuso, Tanjung Apparalang, Pantai tanjung bira, Pantai Bara, Pulau Liukan Loe, Pulau Kambing, puluhan spot snorkling dan diving.. dll yang keindahannya belum terjamah Potensi Wisata Alam Bulukumba sangat banyak.
Hampir semua lokasi wisata tersebut jaraknya tidak terlalu jauh antara satu lokasi dengan lokasi lainnya..
jangan khawatir di BULUKUMBA banyak Hotel, wisma, bungalow atau villa yang murah meriah..
Masyarakat BULUKUMBA walaupun penuh keragaman budaya dan bahasa akan tetapi semuanya sangat menghargai tamu yang datang... hanya saja masyarakat belum di didik secara profesional untuk mengelola wisata dan masih banyak yang belum sadar akan pesona wisatanya.
selamat Wisata ke Bulukumba.







0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author